Tak kenal, maka kenalan dong..

Kamis, 17 Desember 2020

 

LAPORAN KEGIATAN AKSI NYATA

MODUL 1.2 NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

“TOLERANSI PERBEDAAN”

OLEH : NOVI SAFITRI, S.Pd

SDN 3 KARANGSARI KEC. PANGATIKAN

CGP 063 B KABUPATEN GARUT



1.       Latar Belakang

Keberagaman merupakan sebuah keadaan dimana dalam sebuah kelompok masyarakat terdapat beberapa perbedaan seperti misalnya usia, gender, etnis, ras, dan kebudayaan. Kondisi ini selanjutnya akan membentuk masyarakat yang majemuk.” (Kusmaryani, 2006:5)

Keragaman yang ada pada diri siswa terkadang dapat menjadi sebuah permasalahan yang dapat menimbulkan perpecahan diantara siswa. Saling menghina, bulliying, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, sebagai seorang guru sangat penting menumbuhkan motivasi intrinsik siswa dalam menerima perbedaan dan keberagaman. Motivasi intrinsic merupakan motivasi yang berasal dari dalam diri sesorang untuk melakukan perbuatan untuk mencapai tujuan tertentu, yang dipacu oleh minat, kesenangan, atau kenyamanan siswa.

Untuk menumbuhkan motivasi tersebut, diperlukan kegiatan pembelajaran yang inovatif, kolaboratif, dan berpihak pada siswa agar pembelajaran menjadi menyenangkan.

2.       Deskripsi Aksi Nyata

Berdasarkan latar belakang di atas dan pemahaman saya tentang nilai dan peran guru penggerak, pada kegiatan aksi nyata ini saya ingin menerapkan nilai-nilai guru penggerak pada kegiatan pembelajaran yang menyenangkan mengenai toleransi keberagaman kebudayaan di Indonesia.

Sesuai dengan nilai dan peran guru penggerak, yaitu mandiri, reflektif, inovatif, kolaboratif, dan berpihak pada murid. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan karater positif pada diri siswa, juga dapat menjadi media pembelajaran yang bermakna bagi siswa.

                Adapun tahapan dalam aksi nyata ini adalah :

1)      Membuat rancangan kegiatan yang akan dilakukan.

2)      Berkoordinasi bersama Kepala Sekolah terkait kegiatan tersebut.

3)      Berkoordinasi dengan orangtua siswa melalui Whatsapp grup.

4)      Siswa diberi arahan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

5)      Siswa mencari informasi tentang keberagaman Indonesia melalui berbagai media (Internet, Koran, TV, dll)

6)      Kegiatan Ekplorasi, siswa secara individu atau kelompok menuangkan informasi yang didapatnya dalam sebuah karya sesuai minat dan bakatnya berupa lagu, puisi, tarian, gambar, dl.

7)      Presentasi dengan toleransi, siswa menampilkan hasil karya lewat video dan jika sekolah sudah mulai masuk ditampilkan di sekolah.

8)      Siswa lain menghargai dan memberi respon positif.

9)      Melakukan refleksi dan evaluasi setelah melaksanakan kegiatan aksi nyata.

 

3.       Hasil

Adapun Indikator keberhasilan dari kegiatan ini adalah :

1)      Tumbuhnya motivasi intrinsik siswa dalam kegiatan pembelajaran

2)      Siswa dapat mengenal keragam kebudayaan di Indonesia

3)      Siswa dapat menghargai perbedaan keberagaman karya antar teman.

Berdasarkan indikator tersebut, kegiatan yang telah dilakukan mendapat respon baik dari siswa dan orangtua. Siswa dapat menampilkan keberagaman budaya melalui bakat dan minatnya masing-masing. Ada yang membuat puisi tentang keragaman Indonesia, menampilkan pencak silat, menari, dan lain-lain.

Walaupun begitu, masih ada beberapa siswa yang masih malu-malu untuk menampilkan bakat dan minatnya. 

 

4.       Pembelajaran yang Didapat

Pembelajaran yang saya dapat dari aksi nyata ini diantaranya :

1)      Motivasi intrinsic siswa dapat digali melalui berbagi kegiatan yang positif.

2)      Potensi siswa harus digali sedini mungkin, agar dapat dikembangkan menjadi lebih baik.

3)      Perbedaan bukan sebuah halangan untuk bersatu dan melakukan hal yang mengesankan .

 

5.       Rencana Perbaikan

Rencana perbaikan kedepannya adalah melanjutkan kegiatan membuat karya-karya yang lebih baik. Terus menggali potensi siswa dalam berbagi kegiatan yang positif. Jika sudah masuk sekolah, siswa diharapkan dapat menampilkan karya yang telah dibuatnya. Juga lebih meningkatkan komunikasi dengan teman sejawat agar aksi nyata ini tidak hanya dilakukan oleh siswa dari kelas yang saya ampu, tapi semua siswa dan warga sekolah.

 

Lampiran


Rancangan Aksi Nyata

 

 

 

 

 

 

 

 

Dokumentasi






 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate