Tak kenal, maka kenalan dong..

Rabu, 21 Oktober 2020

Perjalanan PembaTIK Level 3

Hai sobat, sudah baca perjalanan PembaTIK saya di level 1 dan 2? Kalau belum, mampir dulu yuk kesini.

Setelah melalui level 1 dan level 2, saya berniat untuk melanjutkan ke level 3. Namun, jujur saja saya agak ragu. Ada rasa takut tidak bisa menyelesaikan tugasnya tepat waktu. Mengingat kesibukan saya di sekolah, mengisi ijazah dan sebagainya. Namun, saya tetap keukeuh dengan pendirian saya untuk menyelesaikan PembaTIK di tahun ini sampai level akhir. Karena tahun depan saya berencana untuk program hamil.

Akhirnya, dengan segala keyakinan, sayapun hendak mendaftar. Namun, ketika membuka laman simpatik, ternyata level 3 gelombang 15 ini sudah ditutup. Sayapun menunggu berharap ada gelombang selanjutnya. Namun setelah beberapa hari ternyata gelombang yang ditunggu tak kunjung datang. Jangan-jangan, gelombang 15 ini adalah gelombang terakhir di level 3. Oh tidak, gagal dong menyelesaikan samua level di tahun ini.

Tapi ternyata, setelah sekian lama menunggu akhirnya dibuka juga gelombang 16. Konon katanya ini adalah gelombang terkahir di level 3. Walaupun pada kenyataannya masih ada gelombang 17 setelahnya.

Seperti biasa saya mengikuti kegiatan pembelajaran, membaca modul, dan mengerjakan kuis. Namun ditengah-tengah pembelajaran, saya diminta untuk membantu kakak saya yang akan membuka resto ayam geprek. Dari sanalah hati saya mulai goyah. Setiap selesai mengajar, saya membantu kakak saya untuk persiapan resto nya. Terlebih, saya diminta untuk menjadi HRD, dan menyeleksi calon karyawan di resto tersebut. Sebagai seorang adik, saya kira sudah menjadi kewajiban membantu kakak. Disaat itu juga, saya harus menjadi panitia upacara 17 Agustus di kecamatan saya. Belum lagi pekerjaan di sekolah, mengisi ijazah dan kegiatan monitoring pengawas. Kalau kayak gini kan, jadi inget lagu shinchan. Oh sibuknya, aku sibuk sekali...

Untungnya, sistem PembaTIK ini daring. Jadi kita bisa mengerjakannya di mana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja. Sesuai dengan taglinePortal Rumah Belajar. He..

Tugas di level 3 ini, kita dapat memilih satu di antara dua tugas pilihan. Yaitu antara Media Pembelajaran Interaktif dengan menggunakan Articulate Storyline, atau membuat Video Pembelajaran. Awalnya saya berniat untuk membuat Video Pembelajaran, namun tak sempat untuk shooting karena kesibukan. Saya hampir menyerah untuk menyelesaikan tugas PembaTIK level 3 ini.

Namun, akhirnya saya menemukan pencerahan. Saya mencoba mempelajari Articulate Storyline, yang ternyata agak mirip dengan Power Point. Akhirnya, sayapun memutuskan untuk membuat Media Pembelajaran Interaktif saja.

Alhamdulillah, di detik-detik terakhir saya akhirnya bisa mengirimkan tugas tersebut.

Inilah Media Pembelajaran Interaktif yang saya buat >>>

Multimedia Interaktif



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate