Tak kenal, maka kenalan dong..

Rabu, 21 Oktober 2020

 SOSIALISAI PORTAL RUMAH BELAJAR

Kali ini, saya akan berbagi kegiatan sosialisasi dan inovasipembelajaran dengan memnfaatkan portal rumah belajar. Adapun kegiatan yang saya lakukan adalah 1 kali tatap muka, 3 kali tatp maya, dan 2 kali siaran pada televisi lokal.

Berikut rangkuman kegiatan saya dalam sosialisasi & inovasi pembelajaran dengan memanfaatkan portal rumah belajar.

Yang pertama, kegiatan tatap muka bersama guru-guru di lingkungan kecamatan Pangatikan. Sebelum melakukan sosialisasi, tentunya saya berkoordinasi bersama korwil Kec. Pangatikan, dan disambut baik serta diberi dukungan penuh untuk kegiatan tersebut. Awalnya, saya hanya mengajukan untuk mengundang satu guru di setiap sekolah, namun pihak korwil menyarankan untuk 2 orang guru dari tiap sekolah. Sehingga kegiatan tersebut dapat dihadiri 54 peserta. Kegiatan dapat berjalan dengan baik, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan covid 19.

 


Pada saat acara, ternyata ada beberapa awak media yang juga meliput kegiatan tersebut. Sehingga saya sebagai narasumber masuk pada beberapa artikel di koran local. Tentu ini menjadi suatu pengalaman yang sangat berharga bagi saya.

Liputan awak media bisa dilihat disini , atau disini  

Masuk juga ke Garut 60 detik disini

 

Kegiatan yang kedua adalah siaran di Televisi Pendidikan Garut, yang bekerja sama dengan Sembilan TV. Ini merupakan hal yg tak terduga, Karena pada awalnya saya dan rekan sesame peserta PembaTIK level 4 dari Garut memang berniat untuk koordinasi bersama Kepala Dinas. Namun, betapa beliau menyambut baik dan menyuruh kami untuk langsung mensosialisasikan portal rumah belajar melalui siaran TV acara dialog pendidikan. Karena tidak ada host pada saat itu, maka saya bertindak sebagai host dan membantu narasumber menyampaikan portal rumah belajar. Sungguh pengalaman yang sangat berharga bisa mengisi sebuah acara di TV pendidikan lokal.


Video lengkapnya bisa ditonton  disini
 
 
 
 
 
Kegiatan yang ketiga adalah kolaborasi tatap maya dengan Sahabat Rumah Belajar dari Garut bersama Guru-guru yan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab. Garut dan Ketua PGRI KAb. Garut. Pada tatap maya ini, peserta yang hadir ternyata diluar dugaan. Pesertanya mencapai lebih dari 500 orang. Room meeting kami tidak dapat menampung peserta, sehingga sebagian peserta harus menyaksikan di live streaming youtube kami. Dan peserta yang hadir ternyata bukan hanya dari Garut lho, ada beberapa peserta yang berasal dari luar provinsi, seperti Sulawesi, dan Kalimantan.
 


Kegiatan yang keempat adalah tatap maya berkolaborasi bersama Sahabat Rumah Belajar dari Jawa Barat dan Bangka Belitung. DEngan mengusung tema Guru Anti Mager, acara tersebut dihadiri oleh pemateri tamu dari Founder dan CEO PIPP. Juga ada Duta Rumah Belajar jawa Barat tahun 2017 dan 2019 yang mendampingi. Saya sendiri membawakan materi pembuatan video pembelajaran dengan menggunakan Kinemaster.


Kegiatan yang kelima adalah tatap maya berkolaborasi bersama SRB dari Jabar dan Jambi. Dengan mengusung tema Guru SD Melek IT, acara tersebut dihadiri peleh pemateri tamu dari Founder Multiliterasi yang merupakan Dosen di Perguruan Tinggi Negeri. Juga ada DRB dari Kalimantan Timur yang juga merupakan guru SD, yang mendampingi kami pada acara tersebut. Saya sendiri membawakan materi Bermain sambal Belajar dengan Fitur Edugame.



Kegiatan yang keenam, adalah siaran di TV Pendidikan Garut. Berbeda dengan sebelumnya, yang bersama rekan sesame SRB dari Garut, pada dialog pendidikan, kali ini saya harus bermain solo, dan membawakan acara sebagai narasumber sekaligus presenter seorang diri. Saya pun membawakan materi Explor lebih dalam portal rumah belajar dan inovasi pembelajaran yang dpat diintegrasikan pada portal rumah belajar.

Sungguh pengalaman yang luar biasa bisa berkolaborasi menggemakan portal rumah belajar, baik secara tatap muka, tatap maya, maupun siaran di televisi.

Kegiatan sosialisasi ini bisa dilihat pada vlog berikut ini



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate